Janji Soal Reklamasi Sudah Dilanggar Anies, Janji Lain Tinggal Menunggu Waktu

 
Memang Anies ini luar biasa. Belum menjadi Gubernur, sudah ada janji yang dilanggarnya. Kita tahu sendiri bahwa Anies ini memang mencitrakan diri anti-reklamasi. Alasannya ya ‘demi rakyat’ tanpa peduli reklamasi sudah ada Keppresnya.
 
“Untuk reklamasi, posisi kami jelas. Kami tidak setuju dan akan menghentikannya. Kami punya rencana berbeda dari apa yang dijalankan Pemprov DKI sekarang,” ujar Anies

Senada dengan Anies, Sandiaga juga menolak reklamasi

“Untuk reklamasi, kami sudah keluarkan (pernyataan), bahwa kami akan menghentikan reklamasi,” ujar Sandiaga

Menghentikan reklamasi ini juga masuk dalam 23 janji kerja Anies-Sandi. Tapi apa lacur, janji itu hanyalah janji. Setelah terpilih maka janji mau ditepati ataupun dilanggar tidak ada yang bisa memaksa. Toh, rakyat hanya bisa memilih, tidak bisa memecat Gubernur.

Anies sekarang mengatakan pulau reklamasi tersebut bisa dijadikan sebagai lahan untuk warga berolahraga, rekreasi, pentas seni dan budaya, atau sarana lain yang dapat memberi manfaat lebih luas kepada warga. Dengan kata lain, reklamasi akan dilanjutkan!

“Ya itukan janji kampanye seperti itu, bahwa yang sudah telanjur jadi akan dimanfaatkan untuk kepentingan publik dan segala macam bisa di situ,” ujar Anies.

Ini sebenarnya merupakan alasan yang penuh dengan kebohongan. Ingat dulu, setiap pulau hasil reklamasi sudah memiliki peruntukannya sendiri. Sebelum reklamasi tujuannya ya harus jelas, kalau tidak izin tidak akan keluar.

Anies tidak akan bisa mengubah fungsi pulau reklamasi yang sudah selesai. Bila ada perusahaan swasta maupun pemerintah yang menyatakan tanah disini akan dibangun taman dan ternyata dibangun mall, maka itu sudah melanggar peraturan. Bila fungsinya A ya tetap A, kalau bisa diganti sesuka hati maka surat izin itu cuman pembungkus nasi sayur.
 
Selain itu Anies juga mengungkapkan ada keinginan membangun pelabuhan di salah satu sisi pulau hasil reklamasi. Tapi ada koplaknya dari pernyataan Anies yang satu ini. Anies mengatakan ingin warga merasakan pantai yang terbuka di pelabuhan.

“Bisa (bangun pelabuhan di lahan reklamasi), jadi itu yang sudah saya sampaikan ketika di debat, bahwa kami ingin warga jakarta punya pantai. Ya kalau di situ ada berarti merasakan pantai yang terbuka untuk siapa saja, itu salah satu contohnya,” ujar Anies.

Ini merupakan pernyataan sesat celaka tiga belas. Anies sepertinya tidak pernah melihat dan mempelajari apa itu ‘pelabuhan’. Pelabuhan ya pasti ramai dengan kapal, mana bisa digunakaan untuk pantai. Mau ada warga yang tenggelam akibat ditabrak kapal?

Terlihat jelas bahwa Anies ini sebenarnya hanya asal ngomong saja. Janji sana-sini saat kampanye tapi setelah terpilih lihat sendiri. Belum jadi Gubernur sudah jilat ludah sendiri.

Warga pinggiran sungai yang senang karena tidak akan digusur? Siap-siap ‘ditata’ dengan cara ‘manusiawi’. Warga akan ‘dipindahkan’ dari lokasi pinggiran sungai. Dipindahkan kemana? Itu bukan urusan Pemprov, mereka tidak ada kewajiban untuk memberikan rusun murah. Ahok saja yang sok dermawan memberikan rusun.

Anies itu kan santun dan pintar, jadi warga akan diajak untuk bekerja untuk bisa memiliki rumah sendiri. Bekerja dimana? Terserah warga la, Pemprov hanya ‘mengajak’. Kan kalau warga diberi rusun murah itu tidak mengedukasi, warga bisa malas toh? Kalau tidak ada rumah, itu bisa menjadi cambuk supaya warga lebih rajin bekerja toh?

Jakarta akan semakin makmur dibawah Anies. Siapa yang makmur? PNS akan semakin makmur karena sudah tidak ada lagi yang mempelototi. DPRD akan semakin makmur karena banjir proyek USB. Sandiaga akan semakin makmur lewat OK OCE, ingat OK OCE itu bisnis bukan sumbangan (investasi harus balik modal).

Warga? Ada progam rumah DP nol rupiah kok. Tapi, bisa saja Anies kembali melangar janjinya dan menghadirkan rumah DP 15 persen. Lho? Kok masih ada DP? Besar pulak. Nanti ngeles ini supaya pihak perbankan mau investasi dan tidak melanggar aturan.

Kita lihat saja saat Anies menjadi Gubernur, janji apalagi yang akan dilangg… ‘disesuaikan’. Harus santun toh?
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Share:

1 comment:

  1. berita yg dk bisa dipercaya,Anies orang religius mana bohong

    ReplyDelete

agen Bola
Powered by Blogger.

Archives

Followers

Blog Archive

Live Chat

Unordered List

Pages

Theme Support